K.A Naik Rp.1000 Berdampak Besar Bagi Rakyat Kecil

Posted: | | Label:
Menteri Perhubungan Freddy Numberi meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk benar-benar mempersiapkan standar pelayanan minimum sebelum menaikkan tarif.


"Kenaikan tarif kereta ekonomi ditunda sampai April. Saya minta selesaikan standar pelayanan minimum, di samping itu sosialisasi dan keluarkan perintah operasionalnya," ujar Freddy di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (12/1/2011).

Jika standar pelayanan minimal, sosialisasi, dan perintah operasional belum diselesaikan maka kenaikan tarif tersebut belum bisa berlaku. Oleh sebab itu, keputusan kenaikan harga pada pekan lalu, dianggap Freddy tidak sesuai aturan.

"Sebelum saya tandatangan harga sudah dinaikkan nggak benar dong. Kenapa sudah naikkan harga sebelum konsultasi? Saya tak akan keluarkan surat itu sebelum disiapkan. Cuma seribu rupiah tapi dampaknya besar. PT KAI harus siapkan sebelum naikkan," tegasnya.

Freddy menegaskan semua persiapan tersebut harus selesai pada April ini. Pasalnya, jika April tarif kereta api belum naik maka dana subsidi pemerintah bakal membengkak dari yang ditetapkan Rp 630 miliar.

"Ada risiko saya harus naikkan PSO-nya. Sekarang kasih dia Rp 630 miliar di 2011. Sekarang sudah naik. mudah-mudahan April jalan atau akhir Mei," ujarnya.

Pada tahun lalu, Freddy mengakui PSO untuk PT KAI mengalami kekurangan PSO. Namun, jika ingin menambahkan PSO tersebut dibutuhkan hasil audit BPK terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar